Perkembangan
anak sangat penting untuk diperhatikan. Orang tua pasti akan bangga jika
anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang pintar. Untuk bisa menjadikan anak kita
pandai, membekali dan membimbing merka dari usia dini akan sangat membantu.
Perlu kita ketahui bahwa perkembangan intelektual anak pada usia dini sangat
berpotensi untuk menyerap berbagai macam hal baru. Untuk itu, kita harus
membimbing anak kita untuk bisa terus mengembangkan intelektualitasnya dengan
berbagai cara.
Perkembangan
intelektual anak bisa kita kembangkan dengan music. Memperdengarkan music
kalsik pada anak sejak usia dini bahkan dari masa kandungan akan membantu anak
mengembangkan kognitifitasnya. Telah banyak ilmuan yang mengadakan penelitian
mengenai hal ini dan dari penelitian, music klasik memang bisa merangsang
intelektual anak dari usia dini. Selanjutnya, perkembangan kognitif atau
intelektual anak juga mengarahkan anak untuk menirukan hal-hal disekitarnya.
Oleh karena itu, berperilaku yang baik di depan anak akan membuat anak juga
meniru perilaku kita.
Selain itu,
intelektual anak pada usia dini juga sangat kuat untuk menyerap kesenian dan
bahasa. Mengajarkan kesenian ada anak dari usia dini akan lebih mudah terserap
dari pada saat usia dewasa. Kemudian, mengajarkan anak untuk mempelajari bahasa
juga lebih mudah diserap saat usianya masih dini. Melihat kemampuan intelektual
anak sangat kuat pada usianya yang masih dini, kita sebagai orang tua harus
bisa membimbing dan memfasilitasi mereka untuk terus belajar.
perkembangan intelektual dan bahasa
PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DAN BAHASA
Perkembangan Intelektual
Tahapan Perkembangan Intelek/kognitif
Jean
Piaget(Bybee and Sun, 1982) mebagi perkembangan intelek/kognitif menjadi empat
tahapan sebagai berikut
1.
Sensori-motoris (0 – 2 tahun). Sifat-sifat yang tampak pada anak adalah
stimulus sound, anak berinteraksi dengan stimulus dari luar. Lingkungan dan
waktu terbatas, kemudian berkembang sampai dapat berimajinasi. Konsep tentang
benda berkembang, mengembangkan tingkah laku baru, kmampuan untuk meniru. Ada
usaha untuk berpikir. Perubahan yang terlihat antara lain, gerakan tubuhnya
merupakan aksi refleks, merupakan eksperimen dengan lingkungannya.
2. Praoperasional (2 – 7 tahun). Sifat-sifat anak adalah, belum sanggup melakukan operasi mental, belum dapat membedakan antara permainan dengan kenyataan, atau belum dapat mengembangkan struktur rasional yang cukup, masa transisi antara struktur sensori motor ke berpikir operasional. Perubahan yang terlihat pada anak adalah, sifat egosentris baru akan berkembang apabila anak banyak berinteraksi sosial, konsep tentang ruang dan waktu mulai bertambah,bahasa mulai dikuasai.
2. Praoperasional (2 – 7 tahun). Sifat-sifat anak adalah, belum sanggup melakukan operasi mental, belum dapat membedakan antara permainan dengan kenyataan, atau belum dapat mengembangkan struktur rasional yang cukup, masa transisi antara struktur sensori motor ke berpikir operasional. Perubahan yang terlihat pada anak adalah, sifat egosentris baru akan berkembang apabila anak banyak berinteraksi sosial, konsep tentang ruang dan waktu mulai bertambah,bahasa mulai dikuasai.
3. Operasional Konkret (7 – 11 tahun). Sifat-sifat anak, dapat berpikir konkret karena daya otak terbatas pada objek melalui pengamatan langsung, dapat mengembangkan operasi mental seperti menambah dan mengurang, mulai mengembangkan struktur kognitif berupa ide atau konsep, melakukan operasi logika dengan pola berpikir masih konkret. Perubahan yang terlihat pada anak: tidak egosentri lagi, berpikir tentang objek yang berhubungn dengan berat, warna, dan susunan, melakukan aktivitas yang berhubungan dengan objek, membuat keputusan logis.
4. Operasional Formal (11 tahun ke atas). Sifat-sifat anak: pola berpikir sistematis meliputi proses yang kompleks, pola berpikir abstrak dengan menggunakan logika matematika, pengertian tentang konsep waktu dan ruang telah meningkat secara signifikan. Perubahan yang terlihat: anak telah mengerti tentang pengertian tak terbatas, alam raya dan angkasa luar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar