Minggu, 03 Januari 2016

PERKEMBANGAN BAHASA



PERKEMBANGAN BAHASA
1.Perkembangan Bahasa
          Peneliti psikologi perkembangan  mengatakan bahwa secara umum perkembangan bahasa lebih cepat dari perkembangan aspek-aspek lainnya,meskipun kadang-kadang ditemukan juga sebagian anak yang lebih cepat perkembangan motoriknya daripada perkembangan bahasanya.berdasarkan hasil-hasil penelitiannya maka ahli psikologi perkembangan mendefinisikan perkembangan bahasa sebagai kemampuan individu dalam menguasai kosakata, ucapan, gramatikal, dan etika pengucapannya dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perkembangan umur kronologisnya.perbandingan antara umur kronologis dengan kemampuan berbahasa individu menunjukkan perkembangan bahasa individu yang bersangkutan.
2.Tahapan Perkembangan Bahasa
          Secara umum, perkembangan keterampilan berbahasa pada individu menurut Berk (1989) dapat dibagi kedalam empat komponen, yaitu:
1.      Fonologi (phonology)
Fonologi berkenaan dengan bagaimana individu memahami dan menghasilkan bunyi bahasa.
2.      Semantic (semantics)
Semantic merujuk kepada makna kata atau cara yang mendasari konsep-konsep yang diekspresikan dalam kata-kata atau kombinasi kata.
3.      Tata bahasa (grammar)
Tata bahasa merujuk pada penggunaan tata bahasa yanmg sudah baik dan benar.
4.      Pragmatics)
Pragmatic merujuk pada sisi komunikatif dari bahasa.ini berkenaan dengan bagaimana menggunakan bahasa dengan baik ketika berkomunikasi dengan orang laindidalamnya meliputi bagaimana mengambil kesempatan yang tepat, mencari dan menetapkan topic yang relevan, mengusahakan agar benar-benar komunikatif, bagaimana menggunakan bahasa tubuh, intonasi, suara dan menjaga konteks agar pesan-pesan verbal yang disampaikan  dapat dimaknai secara tepat oleh penerimanya.
          Dilihat dari perkembangan umur kronologis yang dikaitkan dengan perkembangan kemampuan berbahasa individu, tahapan perkembangan bahasa  dapat dibedakan kedalam tahap-tahap sebagai berikut:
1)      Tahap pralinguistik atau meraba (0,3-1,0 tahun)
Pada tahap ini anak mengeluarkan bunyi ujaran dalam bentuk ocehan yang mempunyai fungsi yang komunikatif.
2)      Tahap holofrastik atau kalimat satu kata (1,0-1,8 tahun)
Pada usia sekitar satu tahun anak mulai mengucapkan kata-kata.satu kata yang diucapkan oleh anak-anak harus dipandang sebagai suatu kalimat penuh.mencakup aspek intelektual maupun emosional sebagai cara untuk menyatakan mau tidaknya terhadap sesuatu.
3)      Tahap kalimat dua kata (1,6-2,0 tahun)
Pada tahap ini anak mulai memiliki banyak kemungkinan unyuk menyatakan kemauannya dan berkomunikasi dengan menggunakan kalimat sederhana yang disebut dengan istilah “kalimat dua kata” yang dirangkai secara tepat.
4)      Tahap pengembangan tata bahasa (2,0-5,0 tahun)
Pada tahap ini anak mulai mengembangkan tata bahasa,panjang kalimat mulai bertambah.ucapan-ucapan yang dihasilkan semakin kompleks dan mulai menggunakan kata jamak dalam kematangan perkembangan anak.
5)      Tahap pengembangan tata bahasa lanjutan (5,0-10,0 tahun)
Pada tahap ini anak semakin mampu mengembangkan struktur tata bahasa yang kompleks  serta mampu menggabungkan kalimat-kalimat sederhana dengan komplementasi, relativasi, dan konjungsi.
6)      Tahap kompetensi lengkap (11,0 tahun-dewasa)
Pada akhir masa kanak-kanak perbendaharaan kata semakin meningkat,gaya bahasa mengalami perubahan, dan semakin lancer serta fasih dalam berkomunikasi.keterampilan dan performasi tata bahasa terus berkembang kearah tercapainya kompetensi berbahasa secara lengkap sebagai perwujudan dari kompetensi komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar