Minggu, 06 Desember 2015

MAKALAH KRITERIA MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN



MAKALAH
KRITERIA MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN
Untuk memenuhi Syarat Mata Kuliah Media Pembelajaran SD
Dosen Pengampu : Srikandi Octaviani, M.Pd






 



  Disusun oleh kelompok 7 :
                                        1. Tika marlena                    NPM (141350134)
                                        2. Azmi Raiz                       NPM (141350055)
                                                    3. Pebri Wijayanto              NPM (141350042)
                                                    4. Restu Dian Saputra         NPM (141350140)

    Prodi                               : PGSD
    Semester                         : III ( Tiga )  



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA METRO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.                 Latar Belakang
Untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran, diperlukan pemilihan media pembelajaran yang tepat. Dalam menggunakan media pembelajaran diperlukan kriteria dan pedoman pemilihan media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran ini haruslah memperhatikan keadaan peserta didik, kondisi lingkungan dan sosial setempat, agar media yang digunakan dapat efektif, tepat sasaran dan sesuai pula dengan kemampuan peserta didik.

1.2.  Rumusan Masalah
1.                       Bagaimana pedoman pemilihan media  ?
2.                       Bagaimana kriteria pemilihan media ?
3.                       Faktor apa saja yang mempengaruhi dalam memilih media?

1.3.  Tujuan
1.                       Untuk mengetahui dan memahami pedoman pemilihan media.
2.                       Untuk mengetahui dan memahami kriteria memilih media.
3.                       Untuk mengetahui apa saja faktor apa saja yang mempengaruhi   
            dalam memilih media.








i
BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pedoman Pemilihan Media
                   Sebelum memutuskan untuk memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, hendaknya guru melakukan seleksi terhadap media pembelajaran mana yang akn digunakan untuk mendampingi dirinya dalam membelajarkan peserta didiknya. Berikut ini beberapa tips atau pedoman yang dapat digunakan guru dalam melakukan seleksi terhadap media pembaelajaran yang akan digunakan.
      a.      Menyesuaikan Jenis Media denganMateri Kurikulum
      Sewaktu akan memilih jenis media yang akn dikembangkan atau diadakan maka perlu yang diperrhatiakan adalah jenis materi pelajaran yang mana yang terdapat di dalam kurkulum yang dinilai perlu ditunjang oleh media pembelajaran. Kemudian, dilakukan telaah tentang jenis media apa yang diniai tepat untuk menyajikan materi pelajaran yang dikehendaki tersebut.
       Sebagai contoh misalnya, pelajaran Bahasa Arab, untuk kemampuan berbahasa mendengarkan atau menyimak (maharah istima), media yang lebih tepat digunakan adalah media kaset audio. Sedangkan untuk kemampuan menulis atau tata bahasa, maka media yang lebih tepat digunakan adalah media cetak. Sedangkan untuk mengajarkan kepada peserta didik tentang cara-cara menggunakan organs of spech untuk menuturkan kata atau kalima (pronounciation), mak media video akan lebih tepat digunakan.

b.      Keterjangkauan dalam Pembiayaan
      Dalam pengembangan atau pengadaan media pembelajaran hendaknya juga mempertimbngakan ketersediaan anggaran yang ada. Kalau seandainya guru harus membuat sendiri media pembelajaran, maka hendaknya dipikirkan apakah ada diantara sesama guru yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dibutuhkan.
2
Kalau tidak ada, maka perlu dijajaki berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan mediannya.

c.      Ketersediaan Perngkat Keras untuk Pemanfaatan Media Pembelajaran
         Tidak ada gunannya merancang dan mengembangkan media secanggih apapun kalau tidak didukung oleh ketersediaan peralatan pemanfaatannya di kelas. Apa artinya tersedia media pembelajaran online apabila, disekolah tidak tersedia perangkat komputer dan fasilitas koneksi ke internet yang juga di dukung oleh Lokal Area Network (LAN).
         Sebaliknya, pemilihan media pembelajaran sederhana(seperti misalnya media kaset audio) untuk dirancang dan dikembangkan akan sangat bermanfaat karena peralatan / fasilitas pemanfaatannya tersedia di sekolah atau mudah diperoleh di masyarakat, selain itu sumber energi yang diperlukan untuk mengoperasikan peralatan pemanfaatan media sederhana juga cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan baterai kering. 
         Dari segi ekspertis atau keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan media sederhana seperti media kaset audio atau transparasi misalnya tidaklah terlalu sulit untuk mendapatkannya. Tidaklah juga terlalu sulit untuk mempelajari cara-cara perancangan dan pengembangan media sederhana.

d.      Ketersediaan Media Pembelajaran di Pasaran
         Karena promosi dan peragaan yang sangat mengagumkan/ mempesona atau menjanjikan misalnya, sekolah langsung tertarik untuk membeli media pembelajarn yang ditawarkan. Namun sebelum membeli media pembelajrannya (program), sekolah harus terlebih dahulu  membeli perangkat keras untuk pemanfaatannya. Setelah peralatan pemanfaatan media pembelajarannya dibeli ternyata di antara guru ada atau belum tanu bagaimana cara-cara mengoperasikan peralatan, pemanfaatan media pembelajaran media pembelajaran yang akan diadakan tersebut.
3
      Di sampingitu media pembelajarannya (program) sendiri ternyata sulit didapatkan di pasaran sebab harus dipesan terlebih dahulu untuk jangka waktu tertentu. Kemudian, dapat saja terjadi bahwa media pembelajaran yang telah dipesan dan dipelajri, kandungan materi pelajarannya sedikit sekali relevan dengan kebutuhan peserta didik (sangat dangkal). Sebaliknya, dapat juga terjdi bahwa materi yang dikemas di dalam media pembelajaran sangat cocok dari membantu mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Namun, yang menjadi masalah adalah bahwa media pembelajaran tersebut sulit didapatkan di pasaran.

e.      Kemudahan Memanfaatkan Media Pembelajaran
      Aspek lain yang juga tidak kalh pentinnya untuk dipertimbangkan dalam pengembangan atau pengadaan media pembelajaran adalah kemudahan guru atau peserta didik memanfaatkannya. Tidak akan terlalu bermanfaat apabila media pembelajaran dikembangkan sendiri atau yang dikontrakkan pembuatannya ternyata tidak mudah dimanfaatkan, baik oleh guru maupun oleh peserta didik. Media yang dikembangkan atau dibeli tersebut hanya akan berfungsi sebagai pajangan di sekolah.

2.2 Kriteria Memilih Media
Dalam penggunaan media sebelumnya kita harus terlebih dahulu memperhatikan kireteria dalam mmilih media, kriteria memilih media berdasarkan tujuan,karakteristik,siswa,alokai waktu,ketersediaan efektifitas,kompatibilitasn biaya. Yang dapat di uraikan sebagai berikut:
a.       Tujuan belajar (objective)
 yaitu tujuan yang akan dicapai dari penggunaan media dalam pembelajaran.
4
Apakah tujuan tersebut bersifat kognitif, afektif atau psikomotorik?, dan pada aspek yang manakah titik beratnya? atau apakah materi yang diajarkan bersifat informasi verbal, materi untuk menanamkan sikap atau untuk mengajarkan keterampilan tertentu?.
b.         Karakteristik sasaran (Audience)
yaitu kelompok atau subjek pembelajaran (apakah anak-anak, orang dewasa atau masyarakat umum, dan juga apakah mereka memiliki kelebihan atau kekurangan dari sisi prestasi akademik, social, ekonomi atau sisi yang lain).
c.           Keadaan siswa
Media akan efektif digunakan apabila tidak tergantung dari beda interindividual antara siswa. Msialnya kalau siswa tergolong tipe auditif/visual maka siswa yang tergolong auditif dapat belajar dengan media visual dari siswa yang tergolong visual dapat juga belajar dengan menggunakan media auditif.
d.         Waktu (Time)
yaitu penggunaan media tersebut bagaimana dari sisi penggunaan waktunya, apakah lebih cepat, lamban atau sedang. Sehingga kita bisa mengestimasi penggunaan media tersebut dari segi ketersediaan waktu.
e.          Ketersediaan dan Kelayakan
yaitu jenis media tersebut apakah tersedia di lingkungan kita atau sekolah dan layak untuk di pakai atau tidak? Mungkinkah kita memperolehnya? Kalau ada, apakah sekolah memiliki peralatan untuk menggunakannya, tenaga yang merawat atau mengoperasikannya? Dan jika tidak ada dan harus membuat, adakah bahan-bahan, waktu dan tenaganya?


5
f.     Kesesuaian di lapangan
yaitu medianya acceptable apa tidak. Kondisi lapangan perlu dipertimbangkan. Misalnya adat istiadat, budaya, agama, fasilitas yang ada di lingkungan sekolah, dan lain-lain
g.             Biaya (Cost)
 yaitu kemampuan finansial yang tersedia. Berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan media tersebut? apakah dana yang ada telah mencukupi, apakah media yang dikeluarkan seimbang dengan kemungkinan hasil yang akan dicapai, dan apakah ada media lain yang lebih murah tetapi tujuan tetap tercapai?. Hendaknya biara yang digunakan seimbang dengan hasil yg dicapai.
2.3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Memilih Media
Dalam menentukan media pembelajaran yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar, pertama- tama seorang guru harus mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan karakteristik media yang akan dipilihnya. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan, maka pemilihan media dapat dilakukan berdasarkan:
1.      Apakah media yang bersangkutan relevan dengan kompetensi dasar 
yang ingin dicapai ?
2.      Apakah ada sumber informasi, katalog mengenai media yang
bersangkutan ?
3.      Apakah perlu dibentuk tim untuk memonitor yang terdiri dari para calon pemak​ai ?
Dalam pemilihan media, salah satu cara yang dapat digunakan untuk memilih yaitu dengan menggunakan matriks.

6
Selain dari itu, dapat dikemukakan pula bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan media antara lain adalah :
a.  kompetensi dasar yang ingin dicapai,
 b. karakteristik siswa,
c.  jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio atau visual),   
     keadaan latar atau lingkungan, dan gerak atau diam,
d.  keterssediaan sumber di sekolah,
e.  tingkat kemudaan media digunakan,
f.  kepraktisan dan ketahanan media,
g.  kemampuan dan ketrampilan guru dalam menggunakan , dan
h. efektifitas biaya dalam jangka waktu panjang.









7
BAB III
PENUTUP

3.1Kesimpulan
            Media pembelajaran adalah salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran. Oleh karena itu, para pendidik diharuskan untuk jeli memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar memperoleh hasil yang maksimal.

3.2.   Saran
Sebagai penyusun saya merasa masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu, saya mohon kritik dan saran dari pembaca.










8
DAFTAR PUSTAKA

Mareta blogspot. Tanggal 07-11-2015. 10:55. Avatar Net Jl. Kampus
iwan blogspot. Tanggal 07-11-2015. 10:57. Avatar net Jl. Kampus
ghozaliq blogspot. Tanggal 07-11-2015. 10:59. Avatar net Jl. Kampus
irma blogspot. Tanggal 07-11-2015. 11:01. Avatar net Jl. Kampus














9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar